Halaman

Senin, 28 Januari 2013

Batu Lawang


Batu Lawang. Terletak di Kota Cilegon  dan berada diantara Gunung Batur dan Gunung Gede merupakan tujuan gowes kami kali ini. Rute yang dilewati adalah Palm - Kelurahan Kota Bumi - Masuk Terowongan - Ketemu pertigaan belok ke kiri - Pertigaan Siliwangi - Nanjak terus sampai ketemu Desa  1 -  Desa 2 - Gajebo Biru (tempat untuk memandang Batu Lawang dan Alam Sekitar) - Gerem



Rute kali ini benar - benar berat, selepas Pos Siliwangi kami langsung disuguhi oleh tanjakan 45 derajat yang sangat panjang. Sayang sungguh disayang ketika saya memandang tanjakan pertama ini perut langsung saja berkontraksi, segera menuju rumah penduduk sekitar untuk sekedar menumpang ke WC, lagi - lagi sayang tidak dapat diraih, apes tidak dapat ditolak. Budaya masyarakat lokal yang tidak membangun WC di dalam rumah menggiring saya untuk pertama kalinya menyatu dengan alam dan "nge BOM" di pinggir kali ditemani suara jangkrik dan nyamuk yang mencolek satu per satu.


Selepas jalur tanjakan The Great Road of Batu Lawang bertemulah kami dengan Desa 1, dari Desa 1 ke Desa 2 jalur sesekali masih harus menaiki tanjakan 45 derajat, tanah merah, dan jalan bebatuan. Setibanya di Desa 2 jalur untuk menuju Batu Lawang harus dilewati sambil menggendong sepeda. Usaha & Perjuangan yang dikeluarkan untuk menuju tempat ini sungguh tidak sia - sia, dari tempat ini kami dapat memandang indahnya permadani hijau yang terhampar, Selat Sunda disebelah kanan, Teluk Bojonegara di sebelah Kiri, Kota Cilegon dan Waduk Krenceng di tengah. Disebelah kanan dari Gejebo Biru terdapat batu besar yang dikenal dengan nama Batu Lawang,  Untuk menuju ke tempat ini harus berjalan kaki sekitar 200 meter (sebaiknya membawa kunci sepeda karena sepeda harus ditinggal di Gajebo Biru). Menurut cerita masyarakat sekitar, konon Batu Lawang merupakan tempat persembunyian para pejuang Cilegon ketika dikejar oleh Kompeni, Batu Lawang (Pintu Batu) merupakan Pintu Goib untuk menuju ke Alam Lain.





Setelah puas mengagumi indahnya pemandangan Batu Lawang kami pun memutuskan untuk kembali ke Palm, rute pulang merupakan turunan terjal dan berakhir di Desa Gerem, Kecamatan Grogol, Cilegon, Banten.


More Photos :   https://picasaweb.google.com/118015454831154083739/BatuLawang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar